SAP Business One - Konsolidasi Keuangan



Menggunakan aplikasi mandiri untuk mengelola keuangan rata-rata perusahaan menengah adalah yang terbaik dan tidak praktis dalam banyak kasus. Tingkat kesulitannya adalah lebih tinggi untuk organisasi yang berkembang pesat dengan banyak anak perusahaan yang harus menghadapi tantangan data bersama dan transaksi antar perusahaan.

SAP Business One adalah solusi ERP yang direkayasa untuk menangani tantangan-tantangan ini dengan mengelola transaksi antar perusahaan dan secara otomatis mereplikasi transaksi yang sesuai di beberapa basis data perusahaan induk dan anak perusahaan.


Solusi integrasi SAP Business One memiliki beberapa fungsi utama:

1. Replikasi data master untuk memfasilitasi berbagi konten
Solusi ini mendukung integrasi data master yang mulus di sejumlah mitra bisnis, termasuk master pembayaran, master pengiriman, master mata uang, mitra bisnis, data master, data master item dll.

2. Dukungan untuk beragam proses di berbagai entitas bisnis
Solusi ini secara otomatis menciptakan transaksi antar perusahaan yang standar dan timbal balik dari unit bisnis lain dengan cara yang sangat transparan.

3. Peningkatan kolaborasi lintas entitas bisnis
Kolaborasi ini mencakup fungsi yang memberikan kontrol bisnis atas aktivitas yang berasal dari unit lain, termasuk pemeriksaan batas kredit konsolidasi, pemberitahuan transaksi bisnis, dan alur kerja antar perusahaan.

4. Peningkatan visibilitas operasional termasuk konsolidasi keuangan lintas entitas bisnis
Fitur konsolidasi keuangan yang kuat memungkinkan entri jurnal dari berbagai cabang untuk dikonsolidasikan ke dalam satu catatan tunggal untuk memfasilitasi pelaporan dan pengambilan keputusan yang mudah. Konsolidasi ini terbagi dalam beberapa format.

Visibilitas Operasional dan Konsolidasi Keuangan

Visibilitas operasional dan manajemen risiko adalah pertimbangan kritis untuk setiap bisnis yang memiliki banyak unit operasional. Konsolidasi keuangan membantu meningkatkan visibilitas operasional dengan menggabungkan informasi keuangan dari anak perusahaan yang berbeda ke dalam seperangkat laporan keuangan yang kohesif.

Proses dan interaksi bisnis dapat salah dan menyebabkan gangguan dan kerugian yang serius ketika berbagai sistem terputus satu sama lain. Misalnya, data yang dikonsolidasikan dan berlokasi di pusat dapat membantu manajer stok dalam operasi ritel online besar untuk melacak dan memenuhi pesanan pelanggan, sementara manajer akun telah memperbarui informasi tentang semua SKU yang tersedia.

SAP Business One mampu melakukan konsolidasi keuangan multilevel yang meliputi:

  • Konsolidasi perusahaan yang beroperasi di bawah mata uang lokal yang berbeda dan struktur bagan akun yang berbeda.
  • Penyesuaian IFRS ke GAAP.
  • Konsolidasi akun masing-masing perusahaan berdasarkan nilai tukar rata-rata, nilai tukar penutupan atau nilai tukar historis.
  • Konsolidasi untuk mencerminkan kepentingan minoritas perusahaan dalam grup.
  • Menyiapkan hierarki konsolidasi multi-level untuk memfasilitasi pelaporan tingkat grup.

Selain itu, SAP Business One dapat menjalankan proses konsolidasi menggunakan jadwal yang telah ditentukan.


Menjalankan SAP Business One

SAP Business One adalah solusi yang sangat fleksibel yang dapat dengan mudah dikonfigurasi untuk dijalankan pada operasi kecil dan menengah. Bisnis dapat mengatur seluruh solusi dari modul berbasis web pusat, sehingga menghilangkan kebutuhan untuk konfigurasi individual untuk setiap perusahaan yang berpartisipasi.

Perusahaan kecil mungkin memiliki lebih sedikit unit yang mereka butuhkan untuk dikonsolidasikan atau didamaikan, atau mungkin tidak ada konversi mata uang sama sekali. Dalam skenario seperti itu, bisnis itu dapat mengintegrasikan SAP Business One live untuk memberikan kinerja real-time yang berharga tanpa risiko membebani server dengan terlalu banyak permintaan.

Jika, di sisi lain, perusahaan memiliki operasi yang lebih besar dengan banyak unit yang memerlukan beberapa penyesuaian dan rekonsiliasi, bahwa bisnis dapat merancang sistem yang meminta data dari platform pemrosesan analitik online (OLAP) online atau gudang data yang dapat terhubung ke SAP Business One untuk memfasilitasi kinerja yang lebih tinggi.

Yang tersisa hanyalah kebutuhan akan platform OLAP yang terhubung secara dinamis ke SAP Business One untuk membuat basis data multi-dimensi untuk pelaporan dan analisis. OLAP yang baik harus memetakan secara otomatis ke Buku Besar Umum SAP Business One sambil memungkinkan segala perubahan dan pembaruan terjadi secara dinamis.

Comments

Popular Posts